Selasa, 08 April 2014 - 13:18:08 WIB
Gemarlah Memberi Maaf
Diposting oleh : syarif
Kategori: Artikel Islam - Dibaca: 12097 kali

Bila menyimak al Quran kita diberi petunjuk bahwa memberi maaf (al-afwu) lebih dianjurkan daripada meminta maaf. Memberi maaf akan memperoleh keampunan Allah. Beri maaflah dan berlapang dadalah apakah kamu tidak menghendaki keampunan Allah pada kamu (Q.S. An Nur : 24). Dalam berbagai hal memberi maaf membawa berkah yang tiada terhingga, persaudaraan, persahabatan dan orang lain akan tunduk dan ikut kepada kita.

     Ketika Nabi sehabis memimpin suatu peperangan, beliau beristirahat di bawah sebuah pohon. Beliau jauh dari pasukan dan sahabatnya. Tiba-tiba datang lah seorang musuh bernama Dat’sur dengan pedang terhunus di tangan. “Siapa yang melindungi engkau (Muhammad) dari pedangku ini”?. Kata Dat’sur sambil menggoyang-goyangkan pedangnya. Nabi tidak panik, tidak gentar sedikitpun, kecuali beliau berkata “Allah”!. Mendengar nama Allah disebut, hati Dat’sur gemetar ketakutan, tangannya lemas, dan pedangnya jatuh. Nabi ambil pedang itu. Kini kekuasaan berada di tangan Nabi. ‘Wahai Dat’sur siapa melindungi engkau dari pedangmu ini”, kata Nabi. Dat’sur dengan keadaan lemas menjawab “tiada siapa-siapa kecuali engkau Muhammad”.

Nabi tidak menghinakan dia, melainkan diberinya ampun. Lidah Dat’sur patah menjawab dan merasakan betapa agungnya akhlak yang dipertontonkan oleh Nabi. Ia pun masuk Islam dan menganjurkan kaumnya turut mengikutinya serta mengajak mereka untuk membantu Nabi berperang.

Itulah buah memberi maaf. Dakwah berkembang tak dapat dibendung, menggulung segala kaum yang masih menyembah berhala, menyadarkan nalar dan hati mereka dengan kelembutan dan kerahmatan. Barang siapa memberi maaf saat dia mampu membalas maka Allah akan mengampuni dia saat dia mengalami kesukaran (Hadits).



    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)